7 KHASIAT BIJI PEPAYA YANG JARANG DI KETAHUI ORANG

7 KHASIAT BIJI PEPAYA YANG JARANG DI KETAHUI ORANG

7 KHASIAT BIJI PEPAYA YANG JARANG DI KETAHUI ORANG – Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya buahnya, daun dan akar tanaman ini dipercaya mampu mencegah beragam penyakit. Selain itu,  banyak sekali orang yang tidak mengetahui akan khasiat dan manfaat dari biji pepaya.

7 KHASIAT BIJI PEPAYA YANG JARANG DI KETAHUI ORANG

Biji pepaya boleh jadi hanya dikenal dan dimanfaatkan sebagai bibit untuk budidaya. Selebihnya, biji pepaya lebih banyak dijadikan limbah buangan setelah daging buahnya diambil. Padahal, berdasarkan uji klinis, biji pepaya bisa diolah dan diambil minyaknya. Selain sumber minyak, biji pepaya juga selama ini dikenal secara tradisional sebagai obat obatan alami. Kompleksnya manfaat biji pepaya ini tidak lepas dari senyawa kompleks yang terkandung di dalamnya. Kandungan biji pepaya ini, berdasarkan penelitian, memang memiliki efek farmakologis bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, membuang biji pepaya tentu sama dengan membuang obat yang boleh jadi sangat dibutuhkan oleh keluarga Anda.

Kandungan Senyawa Biologis Yang Terdapat pada Biji Pepaya

Jika diuraikan, maka kandungan biji pepaya antara lain alkaloid, steroid, tanin, dan juga minyak atsiri. Secara mendetil, kandungan biji tersebut berupa beberapa asal lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi. Asam tersebut adalah oleat dan asam palmiat. Selain itu, biji pepaya juga diketahui mengandung senyaw akimia golongan fenol, terpenoid juga saponin. Senyawa ini bersifat sitoksik, anti-androgen dan berefek estrogenik. Selanjutnya, biji pepaya juga mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil, air, abu, protein, dan juga lemak. Sementara itu, terkait manfaatnya sebagai penghitam rambut, terkait erat dengan kandungan senyawa Glucoside carcirindan di dalam biji pepaya itu sendiri.

Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Biji pepaya, di luar dugaan, juga bermanfaat, karena itu jangan membuangnya. Biji hitam dengan selaput bening ini memiliki nutrisi penting dengan khasiat sebagai berikut:

  • Sebagai anti bakteri alami

Antibakteri, yang efektif melawan bakteri E. coli, Salmonella, dan infeksi Staphylococcus. Membunuh parasit dalam pencernaan. Sudah ditemukan bukti bahwa biji pepaya mampu memberantas parasit dalam pencernaa. Dalam sebuah studi terhadap anak-anak Nigeria yang mengidap parasit dalam pencernaan, 76,6 persennya dinyatakan bebas parasit setelah tujuh hari mengonsumsi biji pepaya.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Ekstrak biji pepaya mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal.

  • Menyehatkan organ hati

Membersihkan hati dari racun-racun. Dalam pengobatan China, satu sendok teh biji pepaya dapat membantu mendetoksifikasi hati (liver). Oleh karena itu biji pepaya sering direkomendasikan dokter-dokter naturopati untuk perawatan cirrhosis liver (pengerasan hati).

  • Anti radang

Khasiat biji pepaya bisa membuat radang di tubuh Anda sembuh. Biji buah ini mengandung senyawa anti inflamasi yang mampu meredakan radang. Nyeri yang disebabkan oleh peradangan pun akan hilang dengan mudah. Penyakit radang seperti radang tenggorokan dan juga radang usus dapat disembuhkan.

  • Sebagai alat kontrasepsi alami

Manfaat biji pepaya ternyata juga bisa digunakan sebagai kontrasepsi alami. Hal ini tentunya menguntungkan bagi Anda yang ingin menunda dalam memiliki momongan. Cara kerja biji buah ini yaitu dengan menekan kesuburan hormone tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi dalam waktu jangka panjang.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat biji pepaya sangat bisa diandalkan sebagai bahan alami untuk menjaga daya tahan tubuh. Biji buah sehat ini akan meningkatkan kemampuan dan kualitas imun tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit yang serius dan juga penyakit menular. Ketahanan tubuh dari penyakit adalah ciri dari sehatnya tubuh Anda.

  • Anti oksidan

Anti oksidan merupakan salah satu fungsi biji pepaya yang berguna dalam mencegah efek radikal bebas. Biji ini mengandung sejumlah senyawa nutrisi yang baik untuk melindungi tubuh dari efek negative yang biasanya akan muncul ketika tubuh Anda terkena radikal bebas.

Untuk menikmati biji pepaya, makan langsung bijinya atau dikeringkan lalu dihaluskan. Atau, campur 1/4 cangkir biji pepaya dengan satu sendok makan

Sumber: http://alwi.my.id/

7 KHASIAT BIJI PEPAYA YANG JARANG DI KETAHUI ORANG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*